Kamis, 23 Oktober 2014

Tingkatan Dalam Ikhlas

Assalamu Alaikum :D
ikhlas.jpg
Alhamdulillah kita bisa bertemu lagi :) kali ini saya akan membagikan beberapa pengetahuan saya tentang ikhlas, ada yang tau apa itu ikhlas ? ikhlas adalah melakukan sebuah kebaikan hanya karena semata-mata mengharapkan ridho Allah SWT tidak mengharapkan sebuah imbalan, di dalam ikhlas pun terdapat tingkatannya, ada 3 tingkatan dalam ikhlas, yaitu :
  • Ikhlas Abidin,
  • Ikhlas Muhibbin,
  • Ikhlas Aripin.
Yang pertama ada Ikhlas Abidin, ikhlas abidin adalah ikhlas orang yang mengharapkan masuk surga dan tidak mau masuk neraka, jadi orang ini ikhlas, tapi ikhlasnya itu karena orang tersebut tidak mau masuk neraka dan ingin masuk syurga, pasti kebanyakan kalian begitu kan ? ikhlas ini merupakan ikhlas tingkatan terendah dalam tingkatan ikhlas yang lainnya, walaupun mengharapkan imblan yaitu syurga, tapi ini adalah ikhlas, kenapa ? karena ikhlas ini mengharapkan sesuatu yang mulia, yaitu syurga dan k arena ikhlas ini juga tidak mengharapkan duniawi melainkan mengharapkan akhirat. Contohnya : Kalian sholat 5 waktu karena ingin masuk syurga dan tidak ingin masuk neraka, karena kalau tidak melakukan sholat 5 waktu kalian berdosa dan masuk neraka, walaupun begitu tidak apa-apa, asalkan kalian ikhlas mengerjakannya dan tidak terpaksa, kalau terpaksa berarti sholat kalian tidak Sah.

Yang kedua ada Ikhlas Muhibbin, Ikhlas Muhibbin ini merupakan tingkat kedua paling bagus dalam ikhlas, pengertian ikhlas muhibbin adalah Ikhlasnya orang yang cinta terhadap Allah SWT, jadi orang ini benar-benar rela dalam mengerjakan ibadah dan tidak mengharapkan imbalan Allah SWT, dia masuk neraka ataupun syurga terserah keputusan Allah, Contohnya :  Orang melakukan sholat 5 waktu, dia mengerjakannya karena dia cinta kepada Allah, dia tidak apa-apa masuk neraka juga, asalkan dia tetap bisa mencintai Allah SWT.

Yang ketiga ada Ikhlas Aripin, Ikhlas Aripin ini merupakan ikhlas yang paling ikhlas, jadi ikhlas yang paling ikhlas diantara ikhlas, bingung ? sama saya juga bingung :D Pengertian Ikhlas Aripin adalah Ikhlasnya orang yang benar-benar taqwa, patuh, dan taat kepada Allah SWT, ikhlas ini juga hampir sama dengan ikhlas muhibbin, 100% ada bagian ikhlas muhibbin dalam ikhlas aripin tapi ikhlas aripin lebih jauh-jauh ikhlas daripada ikhlas muhibbin, bingung ? sama saya juga :D Ikhlas ini biasa dilakukan oleh yang benar-benar kenal Allah, Dekat dengan Allah, dan Tahu tentang Allah, jadi orang ini akan melakukan apapun yang Allah suruh, dia akan menjauhi larangannya dan dia akan menolak godaan dari syaitan, dan orang yang melakukan ikhlas aripin juga tidak peduli akan masuk neraka ataupun syurga, asalkan dia dekat dengan Allah. Orang yang melakukan ikhlas aripin ini akan selalu ingat Allah SWT, dalam setiap detik ia ingat Allah, setiap pikirannya hanya ingat Allah, setiap nafas yang ia hembuskan adalah pahala, dia hidup hanya untuk Allah tidak untuk yang lainnya.

Baiklah, mungkin sekian dari saya, semoga dapat mudah dipahami, kalian ada di tingkat ikhlas apa sekarang ? :D kalau saya sih mungkin Abidin, tingkat yang paling rendah :D sekian dari saya, silahkan di share/bagikan bila berkenan, kurang berlebihnya mohon maaf,
Wassalamu Alaikum

14 komentar:

  1. Kisah yang sangat menyeduhkan :( Nice posting sob.. Terus berkarya.. (y)

    BalasHapus
  2. kunjungan sore,, nyimak aja sob

    BalasHapus
  3. All About Symbian s60v223 Oktober 2014 pukul 03.29

    lapor gan. Link sobat udah saya pasang di blog saya.

    BalasHapus
  4. ane bru tw gan,, klo ikhlas ada 3 ktegori

    BalasHapus
  5. Subahannallah... Ikhlas Aripin saya belum pernah ketemu gan... Ikhlas Muhibbin saya kurang paham gan bisa jelasin lebih rinci tidak. :D

    BalasHapus
  6. OHH jadi iklas itu ada 3 macam ya gan kirain iklas, ya itu jha :D

    BalasHapus
  7. Indonesian Music Metal23 Oktober 2014 pukul 05.34

    nice post bro... :-D

    BalasHapus
  8. @Mas Nahid, intinya org yg muhibbin itu ibadahnya hanya untuk Allah semata, tidak mengharapkan masuk surga ataupun neraka, asalkan dia bisa tetap mencintai Allah SWT. mungkin agak ribet penjelasannya, soalnya saya kurang mahir soal menjelaskan.... :D

    BalasHapus
  9. Follow suskes gan. Follback ya :)

    BalasHapus
  10. post yg bermanfaat nih sob :)

    BalasHapus
  11. paparan yg bagus.sesuatu yg dikerjakan dgn ikhlas tdk ada yg berat.semua diawali dgn niat. [color=blue] Salam [/color]

    BalasHapus
  12. benar benar baru tau saya soal ini :|

    BalasHapus